Admin - Madrasah Tsanawiyah Muslimin Bojongpicung memiliki komitmen kuat untuk mencetak generasi yang berakhlak mulia, berilmu, dan siap menghadapi tantangan masa depan. Melalui visi, misi, dan tujuan yang jelas, madrasah kami berusaha memberikan pendidikan yang berkualitas dengan tetap berpegang pada nilai-nilai Islam. Dengan landasan ini, kami siap membimbing para siswa menjadi pribadi yang berintegritas dan berkontribusi positif bagi masyarakat.
Berikut Visi, Misi, dan Tujuan MTsS Muslimin:
Visi MTsS Muslimin
Periode 2024-2025
“ Terwujudnya Siswa Yang Unggul dalam Pengetahuan, Religius, dan Terampil”
Visi MTsS Muslimin ini merupakan cita-cita bersama dari warga madrasah dan segenap pihak yang berkepentingan pada masa yang akan datang. Adapun indikator ketercapaian visi adalah sebagai berikut:
- Terselenggaranya program pembelajaran berbasis 4 CS, pengembangan literasi, saintipik dan pembelajaran abad 21.
- Tercapainya kompetensi melampaui standar minimum pembelajaran berdasarkan kriteria yang ditetapkan dalam KBM (Ketuntasan Belajar Minimal)
- Terselenggaranya Pembiasaan budaya religius dalam kehidupan civitas akademik.
- Peningkatan prestasi peserta didik dalam Kompetensi Sains Madrasah (KSM) minimal Lolos di tingkat Kabupaten.
Untuk mewujudkan Misi MTsS Muslimin, diperlukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu. Misi MTsS Muslimin memberikan arah dalam mewujudkan visi sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Misi MTsS Muslimin akan menjadi dasar dari program pokok madrasah.
Misi MTsS Muslimin
Periode 2024-2025
- Mengembangkan sistem berpikir.
- Meningkatkan etos kerja di seluruh personal dan penerapan disiplin siswa untuk terciptanya suasana yang kondusif.
- Menciptakan lingkungan yang bernuansa Islami
- Mendorong siswa untuk menggali potensi dirinya agar dapat dikembangkan secara optimal
Tujuan MTsS Muslimin
Periode 2024-2025
Kurikulum MTsS Muslimin disusun sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan yang mencakup pengembangan potensi di lingkungan madrasah untuk meningkatkan kualitas satuan pendidikan, baik dalam bidang akademik maupun non akademik, memelihara budaya daerah, mengikuti perkembangan IPTEK yang dilandasi iman dan takwa kepada Allah SWT.
Berdasarkan visi dan misi madrasah, maka tujuan yang hendak dicapai oleh MTsS Muslimin antara lain sebagai berikut:
A. Tujuan Jangka Panjang
- Terlaksananya implementasi ajaran agama Islam melalui sholat berjamaah, dan baca tulis Alquran serta kegiatan keagamaan lainnya;
- Terwujudnya pelajar yang memiliki etika dan norma sosial yang sesuai dengan ajaran agama;
- Terciptanya budaya membaca keagamaan, iptek, dan fiksi;
- Terlaksananya pengembangan kurikulum Madrasah yang meliputi: Pemetaan CP,ATP dan Modul Ajar dan Asesmen pada semua mata pelajaran;
- Terlaksananya proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan yang berorientasi pada pendekatan scientific berbasis IT;
- Terwujudnya standarisasi administrasi pembelajaran bagi guru
- Terselenggaranya fungsi layanan bimbingan dan konseling;
- Tercapainya peningkatan nilai Ujian madrasah.
- Tercapainya kejuaraan di bidang akademik tingkat provinsi;
- Tercapainya kejuaraan di bidang non akademik tingkat provinsi;
- Terwujudnya pelajar yang dapat mengembangkan minat dan bakat melalui kegiatan ekstrakurikuler;
- Terselenggaranya pelatihan pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan profesionalisme;
- Tersedia sarana prasarana pembelajaran yang berbasis ICT;
- Terwujudnya manajemen madrasah yang transparan dan akuntabel;
- Terwujudnya pengelolaan pembiayaan yang transparan dan akuntabel;
- Terlaksananya standar penilaian pendidikan sesuai dengan SNP;
- Terwujudnya partisipasi aktif orang tua;
- Terwujudnya partisipasi aktif alumni;
- Terwujudnya sikap melestarikan lingkungan dengan gerakan penghijauan lingkungan madrasah dan peningkatan kesadaran pemeliharaan tanaman;
- Terwujudnya perilaku mencegah kerusakan lingkungan dengan kebiasaan membuang sampah secara terpisah pada tempatnya dan budaya memungut sampah sebelum dan sesudah beraktivitas;
- Terwujudnya budaya berpikir dan berperilaku mencegah pencemaran lingkungan dengan berkembangnya gerakan daur ulang dan gerakan menuntun kendaraan bermotor di lingkungan madrasah.
B. Tujuan Jangka Pendek
Pada periode 1 tahun ke depan, tahun pelajaran 2024/2025 madrasah dapat:
- Terwujudnya pelajar yang dapat mengimplementasikan ajaran agama melalui kegiatan sholat Dhuha dan mengaji Al Qur’an Surat Ar Rahman, Surat Al Waqiah, Surat Al Mulk, Sholat Dhuhur berjamaah, Istighatsah, berdoa sebelum dan sesudah KBM, membaca Asmaul Husna dan Al Qur’an sebelum KBM, serta kegiatan Tartil Ubudiyah.
- Terwujudnya pelajar yang memiliki sikap spiritual dan sosial yang baik;
- Terlaksananya kegiatan budaya literasi meliputi keagamaan, iptek, dan fiksi;
- Terpenuhinya pengembangan kurikulum madrasah yang meliputi : Analisis CP, ATP, Modul Ajar dan asesmen pada semua mata pelajaran;
- Terciptanya proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan yang berorientasi pada pendekatan scientific, berbasis karakter;
- Terciptanya standarisasi administrasi pembelajaran bagi guru;
- Terselenggaranya fungsi layanan bimbingan dan konseling;
- Terpenuhinya rata-rata nilai ujian yang sesuai dengan KKM Madrasah
- Tercapainya kejuaraan di bidang akademik juara tingkat kabupaten, provinsi, Nasional;
- Tercapainya kejuaraan di bidang non akademik juara tingkat kabupaten, provinsi, dan Nasional;
- Terwujudnya pelajar yang dapat mengembangkan minat dan bakat melalui kegiatan ekstrakurikuler;
- Terlaksananya pelatihan pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan profesionalisme.
- Terwujudnya sarana prasarana pembelajaran yang berbasis IT.
- Terselenggaranya dan terlaksananya manajemen madrasah dan pengelolaan pembiayaan yang transparan dan akuntabel.
- Terwujudnya standar penilaian pendidikan sesuai dengan SNP.
- Terlaksananya partisipasi aktif orang tua.
- Terwujudnya partisipasi aktif alumni dan pihak luar (instansi pemerintah dan Dudi).
- Terwujudnya sikap melestarikan lingkungan dengan gerakan penghijauan lingkungan madrasah dan peningkatan kesadaran pemeliharaan tanaman.
- Terwujudnya perilaku mencegah kerusakan lingkungan dengan kebiasaan membuang sampah secara terpisah pada tempatnya dan budaya memungut sampah sebelum dan sesudah beraktivitas.
- Terwujudnya budaya berpikir dan berperilaku mencegah pencemaran lingkungan dengan berkembangnya gerakan daur ulang dan gerakan mematikan mesin kendaraan bermotor di lingkungan madrasah.
Posting Komentar
0Komentar