Soal & Kunci Jawaban Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450/2024 Jenjang MTs - 3.3 Kurikulum Madrasah Bagian 2

Admin
Oleh -
0

Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450/2024 untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Tanggal Pelaksanaan: 31 Oktober 2024 - 4 November 2024

AdminDalam rangka mendukung implementasi Kurikulum Madrasah sesuai dengan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 450 Tahun 2024, madrasah di tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) diharapkan mampu menerapkan struktur kurikulum yang lebih relevan dan efektif. Materi 3.3 tentang Kurikulum Madrasah, menjadi salah satu materi penting dalam pelatihan ini. 


Artikel ini akan menyajikan soal dan kunci jawaban yang berkaitan dengan pelatihan implementasi kurikulum untuk membantu para guru dan tenaga pendidik dalam memahami lebih mendalam struktur kurikulum baru tersebut. Diharapkan, pembahasan ini akan menjadi acuan yang bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan kurikulum madrasah, khususnya pada jenjang MTs.


Berikut Pembahasan Soal & Kunci Jawaban Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450/2024 Jenjang MTs - 3.3 Struktur Kurikulum Madrasah


1. Berikut yang dimaksud dengan visi madrasah adalah....

A. Strategi operasional madrasah

B. Gambaran ideal tentang masa depan madrasah

C. Rencana program kegiatan madrasah

D. Pernyataan tujuan jangka pendek madrasah

Jawaban:

B. Gambaran ideal tentang masa depan madrasah

2. Berikut yang harus menjadi acuan dalam penetapan tujuan madrasah adalah...

A. Kebutuhan pasar kerja

B. Keseimbangan antara pendidikan agama dan umum

C. Ketersediaan sumber daya di madrasah

D. Kebutuhan akademik semata

Jawaban:

B. Keseimbangan antara pendidikan agama dan umum

3. Salah satu fungsi kurikulum madrasah adalah melakukan diversifikasi kurikulum. Diversifikasi kurikulum ini dibuat berdasarkan pada hal-hal berikut, kecuali

A. Karakteristik peserta didik

B. Potensi dan karakteristik daerah

C. Potensi Madrasah

D. Keinginan pemangku kepentingan

Jawaban:

D. Keinginan pemangku kepentingan

4. Salah satu aspek penting dalam pengorganisasian pembelajaran di madrasah adalah....

A. Penentuan seragam sekolah

B. Penyusunan struktur kurikulum

C. Penentuan jumlah siswa

D. Pengadaan buku pelajaran

Jawaban:

B. Penyusunan struktur kurikulum

5. Dalam menyusun perencanaan pembelajaran maka langkah-langkah yang perlu disiapkan adalah

A. Menganalisis Capaian Pembelajaran, Menyusun Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran, Merencanakan Pembelajaran dan Asesmen

B. Menganalisin Capaian Pembelajaran, Menyusun tujuan Pembelajaran, Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran, Merencanakan Asesmen

C. Menganalisin Capaian Pembelajaran, Menyusun tujuan Pembelajaran, Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran, Merencanakan dan Melaksanakan Pembelajaran

D. Menganalisis Capaian Pembelajaran, Menyusun Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran, Merencanakan Pembelajaran

Jawaban:

A. Menganalisis Capaian Pembelajaran, Menyusun Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran, Merencanakan Pembelajaran dan Asesmen

6. Mengidentifikasi karakteristik madrasah membantu guru untuk...

A. Menetapkan target nilai ujian

B. Mengajukan dana ke pemerintah

C. Menentukan hari libur nasional

D. Menyusun metode pengajaran yang relevan

Jawaban:

D. Menyusun metode pengajaran yang relevan

7. Karakteristik madrasah yang kuat akan membantu dalam...

A. Meningkatkan popularitas madrasah

B. Menyusun rencana pembelajaran yang sesuai

C. Mengurangi jam belajar

D. Menambah jumlah guru

Jawaban:

B. Menyusun rencana pembelajaran yang sesuai

8. Ketika ada sebuah madrasah sudah sampai pada tahap mahir dalam melakukan pengorganisasian pembelajaran, maka dokumennya harus sudah sampai pada level

A. Merancang pengorganisasian pembelajaran secara mandiri

B. Menyusun organisasi pembelajaran dari dokumen yang sudah ada

C. Mengembangkan elemen-elemen dalam pengorganisasian pembelajaran

D. Memodifikasi dokumen untuk menyusun organisasi pembelajaran

Jawaban:

A. Merancang pengorganisasian pembelajaran secara mandiri

9. Kegiatan evaluasi pembelajaran di madrasah termasuk dalam proses.....

A. Pengorganisasian kurikulum

B. Pemantauan dan penilaian efektivitas pembelajaran

C. Peningkatan mutu tenaga pendidik

D. Pengelolaan sarana dan prasarana

Jawaban:

B. Pemantauan dan penilaian efektivitas pembelajaran

10. Tujuan utama dari madrasah adalah untuk membentuk peserta didik yang..

A. Siap menghadapi ujian

B. Siap menjadi pemimpin nasional

C. Siap bekerja di perusahaan

D. Berkarakter, beriman, dan berilmu

Jawaban:

D. Berkarakter, beriman, dan berilmu

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)