Admin - Dalam rangka mendukung implementasi Kurikulum Madrasah sesuai dengan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 450 Tahun 2024, madrasah di tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) diharapkan mampu menerapkan struktur kurikulum yang lebih relevan dan efektif. Materi 3.5 Kurikulum Madrasah, menjadi salah satu materi penting dalam pelatihan ini.
Artikel ini akan menyajikan soal dan kunci jawaban yang berkaitan dengan pelatihan implementasi kurikulum untuk membantu para guru dan tenaga pendidik dalam memahami lebih mendalam kurikulum madrasah tersebut. Diharapkan, pembahasan ini akan menjadi acuan yang bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan kurikulum madrasah, khususnya pada jenjang MTs.
Berikut Pembahasan Soal & Kunci Jawaban Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450/2024 Jenjang MTs - 3.5 Kurikulum Madrasah (Pengayaan) - Bagian 2
1 . Tujuan dari penerapan pendekatan tematik dalam pembelajaran di SD/MI adalah
A. Menambah alokasi waktu belajar untuk setiap mata pelajaran
B. Mengganti mata pelajaran IPA dan IPS dengan kegiatan proyek
C. Mengintegrasikan beberapa mata pelajaran ke dalam tema tertentu
D. Memisahkan mata pelajaran berdasarkan jenjang kelas
Jawaban:
C. Mengintegrasikan beberapa mata pelajaran ke dalam tema tertentu
2. Pada kurikulum merdeka terdapat intrakurikuler, co-kurikuler dan ekstrakurikuler. Program kokurikuler dalam Kurikulum Merdeka di madrasah adalah
A. Pembelajaran tambahan untuk siswa berbakat khusus
B. Mata pelajaran yang diintegrasikan dengan kegiatan ekstrakurikuler
C. Pembelajaran melalui P5RA (Projek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan lil 'Alamin)
D. Pembelajaran berbasis riset di madrasah
Jawaban:
C. Pembelajaran melalui P5RA (Projek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan lil 'Alamin)
3. Seorang guru menjelaskan kepada siswa bahwa dalarn kurikulum baru, pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan limu Pengetahuan Sosial (IPS) digabung menjadi satu mata pelajaran terpadu. la menjelaskan bahwa penggabungan ini bertujuan untuk membantu siswa memahami hubungan antara fenomena alam dan aspek sosial dalam kehidupan sehari-hari. Apa alasan utama penggabungan IPA dan IPS tersebut?
A. Untuk membuat pembelajaran lebih menarik dengan menggunakan teknologi.
B. Untuk membantu siswa memahami keterkaitan antara ilmu pengetahuan dan kehidupan sosial.
C. Untuk mengurangi jumlah mata pelajaran yang harus dipelajari siswa
D. Untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi.
Jawaban:
B. Untuk membantu siswa memahami keterkaitan antara ilmu pengetahuan dan kehidupan sosial.
4. Komponen penting dalam pengorganisasian kurikulum di madrasah melibatkan
A. Guru, peserta didik, dan orang tua
B. Guru, peserta didik, orang tua, dan seluruh pemangku kepentingan
C. Hanya guru dan kepala madrasah
D. Komite sekolah saja
Jawaban:
B. Guru, peserta didik, orang tua, dan seluruh pemangku kepentingan
5. Peran utama pengorganisasian dalam kurikulum madrasah adalah
A. Mengintegrasikan semua pelajaran dalam satu tema
B. Mencapai tujuan pendidikan dengan kolaborasi semua pemangku kepentingan
C. Menghapus kegiatan ekstrakurikuler yang tidak relevan
D. Mernastikan setiap siswa mendapat nilai tinggi
Jawaban:
B. Mencapai tujuan pendidikan dengan kolaborasi semua pemangku kepentingan
6. Salah satu contoh kegiatan yang bisa dilakukan dalam P5 adalah:
A. Ujian akhir
B. Kegiatan belajar di kelas
C. Proyek komunitas yang melibatkan siswa
D. Mengisi buku catatan harian
Jawaban:
C. Proyek komunitas yang melibatkan siswa
7. Fungsi dari muatan lokal dalam kurikulum madrasah adalah
A. Memastikan kegiatan ekstrakurikuler berjalan efektif
B. Untuk menggantikan mata pelajaran umum
C. Memperkenalkan kekhasan daerah seperti bahasa, agama, atau teknologi tertentu
D. Menyediakan pembelajaran tambahan berbasis teknologi modern
Jawaban:
C. Memperkenalkan kekhasan daerah seperti bahasa, agama, atau teknologi tertentu
8. Pengorganisasian pembelajaran harus dilaksanakan oleh setiap madrasah. Apa yang dimaksud dengan pengorganisasian pembelajaran?
A. Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran.
B. Proses merancang dan menyusun kegiatan pembelajaran agar berjalan efektif dan efisien.
C. Tahapan evaluasi hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran selesai.
D. Metode mengajar yang digunakan oleh guru dalam kelas.
Jawaban:
B. Proses merancang dan menyusun kegiatan pembelajaran agar berjalan efektif dan efisien
9. Berdasarkan KMA 450 tahun 2024, alokasi waktu P5RA dalam kurikulum MTs kelas VII dan VIII untuk satu tahun adalah sebanyak
A. 1368 jam
B. 72 jam
C. 216 jam
D. 192 jam
Jawaban:
C. 216 jam
10. Di sebuah sekolah, kepala sekolah ingin meningkatkan prestasi siswa, la melakukan survei dan menemukan beberapa faktor yang berkontribusi, seperti kualitas pengajaran, fasilitas sekolah, motivasi siswa, dan dukungan orang tua. Setelah mempertimbangkan semua data, kepala sekolah ingin menentukan faktor mana yang paling berpengaruh terhadap kesuksesan pendidikan siswa.
Faktor manakah yang paling mungkin berpengaruh pada kesuksesan pendidikan?
A. Kualitas pengajaran
B. Fasilitas sekolah
C. Motivasi siswa
D. Dukungan orang tua
Jawaban:
A. Kualitas pengajaran
Posting Komentar
0Komentar