Kisi-Kisi Asesmen Madrasah Tahun Ajaran 2024/2025: Pedoman Penyusunan Soal PAI dan Bahasa Arab
Dalam upaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan Asesmen Madrasah (AM) pada akhir jenjang pendidikan tahun ajaran 2024/2025, Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia telah merilis kisi-kisi asesmen khusus untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab.
Kisi-kisi ini disusun berdasarkan KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab, serta KMA Nomor 450 Tahun 2024. Adapun beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam implementasi asesmen ini adalah sebagai berikut:
1. Dasar Penyusunan Kisi-Kisi
Kisi-kisi AM untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab didasarkan pada KMA terbaru. Dokumen ini diharapkan menjadi pedoman utama bagi guru dalam menyusun naskah soal yang sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditetapkan.
2. Pedoman Penyusunan Soal
Guru diminta menjadikan kisi-kisi ini sebagai acuan dalam menyusun soal asesmen untuk jenjang MI, MTs, dan MA/MAK. Penyusunan soal harus mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap, sesuai standar kompetensi yang tertuang dalam kurikulum.
3. Prinsip Penyusunan Soal
Dalam penyusunan soal asesmen, madrasah diharapkan memastikan bahwa naskah soal:
- Tidak mengandung unsur SARA, politik praktis, provokasi, pornografi, atau kekerasan.
- Sejalan dengan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.
4. Penentuan Jumlah Soal
Jumlah soal yang akan diujikan ditentukan oleh masing-masing madrasah. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan untuk mengukur kompetensi siswa secara komprehensif dan proporsional.
Unduh Kisi-Kisi Asesmen Madrasah Tahun 2024/2025
Untuk mempermudah guru dan madrasah dalam penyusunan naskah soal, dokumen kisi-kisi asesmen dapat diunduh melalui tautan berikut:
Unduh Kisi-Kisi AM PAI dan Bahasa Arab 2024/2025
File kisi-kisi ini mencakup pedoman lengkap untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di jenjang MI, MTs, dan MA/MAK.
Semoga dengan adanya kisi-kisi ini, penyelenggaraan asesmen madrasah dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan evaluasi yang berkualitas serta sesuai dengan tujuan pendidikan Islam.
Posting Komentar
0Komentar