Soal & Kunci Jawaban Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450/2024 Jenjang MTs - 3.7 Pembelajaran dan Asesmen pada Kurikulum Madrasah - Bagian 2

Admin
Oleh -
0
Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450/2024 untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Tanggal Pelaksanaan: 31 Oktober 2024 - 4 November 2024

Admin - Dalam rangka mendukung implementasi Kurikulum Madrasah sesuai dengan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 450 Tahun 2024, madrasah di tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) diharapkan mampu menerapkan struktur kurikulum yang lebih relevan dan efektif. Materi 3.7 tentang Pembelajaran dan Asesmen, menjadi salah satu materi penting dalam pelatihan ini. 


Artikel ini akan menyajikan soal dan kunci jawaban yang berkaitan dengan pelatihan implementasi kurikulum untuk membantu para guru dan tenaga pendidik dalam memahami lebih mendalam struktur kurikulum baru tersebut. Diharapkan, pembahasan ini akan menjadi acuan yang bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan kurikulum madrasah, khususnya pada jenjang MTs.


Berikut Pembahasan Soal & Kunci Jawaban Pelatihan Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450/2024 Jenjang MTs - 3.7 Pembelajaran dan Asesmen pada Kurikulum Madrasah - Bagian 2


1 dari 10 soal

Di sebuah sekolah menengah, kepala sekolah mengadakan pelatihan untuk para guru tentang prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif. Salah satu prinsip yang dibahas adalah bahwa pembelajaran harus menantang. Para guru diajarkan untuk merancang tugas dan proyek yang mendorong siswa berpikir kritis dan kreatif. Mereka juga didorong untuk memberikan umpan balik yang konstruktif agar siswa dapat berkembang.

Apa yang dimaksud dengan pembelajaran yang harus menantang?

A. Pembelajaran yang hanya fokus pada hafalan

B. Pembelajaran yang tidak ada interaksi antara siswa

C. Pembelajaran yang mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif

D. Pembelajaran yang mudah dan tidak memerlukan usaha

Jawaban:

C. Pembelajaran yang mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif

2 dari 10 soal

Opsi pengolahan nilai rapor dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya yaitu

A. Pembobotan, persentase, dan deskripsi sikap

B. Pembobotan, persentase, dan kalkulasi total nilai

C. Pembobotan, rata-rata, dan kalkulasi total nilai

D. Pembobotan, rata-rata, dan persentase

Jawaban:

D. Pembobotan, rata-rata, dan persentase

3 dari 10 soal

Perbedaan utama antara asesmen formatif dan sumatif adalah

A. Asesmen formatif bertujuan untuk umpan balik, sedangkan asesmen sumatif untuk memastikan ketercapaian tujuan pembelajaran

B. Asesmen formatif digunakan sebagai nilai akhir dalam rapor

C. Asesmen sumatif memberikan umpan balik cepat selama proses belajar

D. Asesmen formatif hanya dilakukan di akhir jenjang pendidikan

Jawaban:

A. Asesmen formatif bertujuan untuk umpan balik, sedangkan asesmen sumatif untuk memastikan ketercapaian tujuan pembelajaran

4 dari 10 soal

Perhatikan pernyataan berikut!

1. Kelompok selaltu tetap dan permanen sepanjang tahun dan berlaku di semua mata pelajaran

2. Perlu dipikirkan bentuk pendampingan bagi peserta didik yang belum siap atau perlu bimbingan

3. Perlu dipikirkan bentuk-bentuk tantangan yang lebih beragam bagi peserta didik yang sudah mahir

4. Ada beragam peran yang bisa dipilih oleh peserta didik untuk mendalami kompertensi yang dibangun 

Panduan yang tepat dalam mengelompokkan peserta didik untuk keperluan pembelajaran terdiferensiasi ditunjukkan oleh nomor

A. 1, 3, dan 4

B. 1,2, dan 4

C. 2,3,dan 4

D, 1,2,dan 3

Jawaban:

C. 2,3,dan 4

5 dari 10 soal

Dalam mengajarkan hiwar, guru perlu menunjukkan mufrodat dan istifham, dan ketika siswa mencobanya, guru hanya butuh membantu. Setelah ini bantuan yang diberikan akan berkurang secara bertahap. Pada akhirnya siswa dapat muhadatsah sendiri. Penyusunan alur tujuan pembelajaran tersebut dilakukan secara

A. Struktural

B. Prosedural

C. Scaffolding

D. Hierarki

Jawaban:

C. Scaffolding

6 dari 10 soal

Ibu Lina, guru Matematika, sering memberikan kuis kecil dan tugas harian untuk mengevaluasi pemahaman siswa tentang materi yang sedang dipelajari. la menggunakan hasil tersebut untuk memberikan umpan balik kepada siswa dan menyesuaikan metode pengajarannya. Apa yang menjadi tujuan utama dari asesmen yang dilakukan oleh Ibu Lina?

A. Menghitung nilai akhir di raport

B. Memberikan umpan balik untuk meningkatkan proses belajar siswa

C. Menilai hasil akhir siswa

D. Menentukan kesulitan materi

Jawaban:

B. Memberikan umpan balik untuk meningkatkan proses belajar siswa

7 dari 10 soal

Berikut ini yang merupakan komponen nilai rapor pada tingkat RA atau Raudhatul Athfal yaitu

A. Identitas peserta didik, nama RA, kelompok usia, semester, mata pelajaran, deskripsi perkembangan CP, nilai, catatan pendidik, refleksi orang tua

B. Identitas peserta didik, nama RA, kelompok usia, semester, perkembangan dan pertumbuhan anak, deskripsi perkembangan CP, deskripsi P5RA, refleksi orang tua

C. Identitas peserta didik, nama RA, kelompok usia, semester, perkembangan dan pertumbuhan anak, deskripsi perkembangan CP, deskripsi P5RA, kegiatan ekstrakurikuler

D. Identitas peserta didik, nama RA, kelompok usia, semester, perkembangan dan pertumbuhan anak, deskripsi perkembangan CP, catatan pendidik, deskripsi P5RA, kegiatan ekstrakurikuler

Jawaban:

B. Identitas peserta didik, nama RA, kelompok usia, semester, perkembangan dan pertumbuhan anak, deskripsi perkembangan CP, deskripsi P5RA, refleksi orang tua

8 dari 10 soal

Tujuan utama dari asesmen formatif adalah

A. Memberikan nilai akhir semester

B. Mengukur pencapaian tujuan pembelajaran di akhir semester

C. Memastikan siswa siap menghadapi ujian nasional

D. Memberikan umpan balik kepada pendidik dan peserta didik untuk memperbaiki proses belajar

Jawaban:

D. Memberikan umpan balik kepada pendidik dan peserta didik untuk memperbaiki proses belajar

9 dari 10 soal

Dalam penyusunan dokumen perencanaan pembelajaran terdapat fleksibilitas. Fleksibilitas yang dimaksud adalah

A. Dokumen disusun berdasarkan format baku tanpa modifikasi

B. Dokumen disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan pembelajaran

C. Dokumen hanya boleh berisi tujuan belajar tanpa penjelasan tambahan

D. Dokumen harus selalu mengikuti format standar dari pemerintah

Jawaban:

B. Dokumen disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan pembelajaran

10 dari 10 soal

Peran asesmen sumatif dalam proses pembelajaran adalah

A. Menjadi bagian dari perhitungan nilai akhir semester atau tahun ajaran

B. Memastikan kesiapan siswa sebelum memulai pembelajaran baru

C. Digunakan untuk mengevaluasi materi ajar yang belum dipelajari

D. Memberikan umpan balik cepat kepada peserta didik

Jawaban:

D. Memberikan umpan balik cepat kepada peserta didik

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)