Capaian Pembelajaran Seni Rupa Sesuai Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 046/H/KR/2025 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah
Rasional
Pembelajaran mendalam pada mata pelajaran Seni Rupa turut membangun dimensi profil lulusan berupa; (1) keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, (2) kewargaan, penalaran kritis, (4) kreativitas, (5) kolaborasi, (6) kemandirian, (7) kesehatan, dan (8) komunikasi. Secara umum, mata pelajaran Seni Rupa sangat penting untuk membangun kemampuan olah rasa murid, sehingga mereka mampu meregulasi dirinya, memiliki sifat mencintai keindahan, menghargai keberagaman, dan menjunjung perdamaian.
Pembelajaran mendalam mata pelajaran Seni Rupa memberikan pengalaman belajar dimana mereka memahami, mengaplikasi, dan merefleksi dalam berproses karya seni rupa, melalui praktik pedagogis, lingkungan pembelajaran, kemitraan pembelajaran, dan pemanfaatan digital.
Tujuan
Mata pelajaran Seni Rupa bertujuan agar murid mampu:
1. menunjukkan kepekaan terhadap persoalan diri dan lingkungan, dan menemukan solusi kreatif untuk menanggapi dan mengatasi masalah;
2. mengekspresikan diri dan mengasah kreativitas melalui penciptaan karya seni rupa;
3. memberdayakan sumber daya (alat dan bahan) yang tersedia di sekitarnya untuk menciptakan sebuah karya seni; dan
4. menemukan jawaban terhadap suatu masalah atau mendapatkan gagasan untuk menciptakan karya seni melihat suatu hal melalui beberapa sudut pandang sehingga dapat menciptakan karya seni yang berdampak bagi diri sendiri dan orang lain.
Karakteristik
Karakteristik mata pelajaran seni rupa meliputi:
1. Pembelajaran seni rupa berpusat pada murid, kemampuan menemukan dan mengembangkan gagasan, cara berkarya, dan kreativitas sesuai dengan minat, bakat, dan kecepatan belajarnya masing-masing.
2. Pembelajaran seni rupa berfokus pada pengalaman mengamati, bermain, menguji coba, merenungkan, bersimpati, berempati, mencipta, peduli, dan toleransi terhadap beragam nilai, budaya, proses, dan karya.
3. Pembelajaran seni rupa dalam suasana menyenangkan, bermakna, relevan, untuk mengembangkan keterampilan bekerja dan berpikir artistik.
4. Pembelajaran seni rupa memperhatikan keunikan individu dan bersifat khas/kontekstual.
5. Pembelajaran seni rupa terhubung erat dengan aspek seni maupun bidang ilmu lainnya yang mendorong kolaborasi interdisipliner.
6. Pembelajaran seni rupa mendorong sikap bertanggung jawab dengan menyadari bahwa karya berdampak bagi diri sendiri dan orang lain.
Gambar di bawah ini adalah lima elemen landasan pembelajaran seni rupa.
Gambar 1. Elemen pembelajaran seni rupa
Capaian Pembelajaran Seni Rupa memiliki lima elemen yang mandiri dan berjalan beriringan sebagai kesatuan yang saling mempengaruhi dan mendukung untuk mencapai kompetensi yang dituju. Elemen ini berlaku untuk seluruh fase. Setiap elemen memiliki gradasi kompetensi dan ruang lingkup yang semakin meningkat di setiap fasenya. Setiap elemen bukan sebuah urutan atau prasyarat dari elemen lainnya karena bukan merupakan taksonomi. Pembelajaran seni sangat memungkinkan terjadinya proses lintas elemen. Dengan mengalami proses kreatif dan olah rasa, murid akan merefleksikan pengalamannya tersebut sehingga terbiasa berpikir dan bekerja artistik, murid dapat melihat peluang untuk memberdayakan sumber daya yang dimilikinya untuk menciptakan karya yang memiliki dampak positif bagi dirinya dan orang lain.
Elemen dan deskripsi elemen mata pelajaran seni rupa adalah sebagai berikut.
Elemen |
Deksripsi |
Mengalami
(Experiencing) |
Mengidentifikasi,
mendefinisikan, dan mendeskripsikan unsur rupa, prinsip desain, dan/atau gaya
seni rupa pada objek visual di kehidupan sehari-hari. |
Merefleksikan
(Reflecting) |
Menceritakan,
mendiskusikan, memberi dan menerima umpan balik secara kritis mengenai suatu
karya dan penciptaan karya seni rupa secara runtut dan terperinci dengan
menggunakan kosa kata yang tepat. |
Berpikir
dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically) |
Membuat
konsep dan rencana untuk menciptakan karya seni rupa. Menganalisis
karakteristik alat dan bahan yang
sesuai dan tersedia di lingkungan sekitar untuk keperluannya berkarya. |
Menciptakan
(Creating) |
Mengaplikasikan
unsur rupa, prinsip desain, teknik dan/atau gaya seni rupa yang telah
dipelajari untuk menghasilkan karya seni rupa berdasarkan gagasannya sendiri
atau mengambil inspirasi dari luar dirinya. |
Berdampak
(Impacting) |
Menghubungkan
berbagai peristiwa di lingkungan dan meresponnya dengan sebuah karya seni
rupa yang memberi dampak positif. |
Capaian Pembelajaran
Pada akhir Fase D, murid memiliki kemampuan sebagai berikut:
4.1. |
Mengalami (Experiencing) |
|
Menganalisis
unsur rupa dan prinsip desain dalam benda-benda di sekitar/karya seni rupa. |
4.2. |
Merefleksikan (Reflecting) |
|
Merefleksikan
dan mengapresiasi karya diri sendiri dan teman sekelas; membandingkan unsur
rupa, prinsip desain, dan fungsi karya seni rupa menggunakan kosa kata seni
rupa yang sesuai. |
4.3. |
Berpikir dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically) |
|
Mengaplikasikan
variasi teknik penggunaan alat dan bahan yang dimiliki untuk berkarya;
mengeksplorasi alternatif/potensi alat dan bahan yang ada di lingkungan
sekitar. |
4.4. |
Menciptakan (Creating) |
|
Membuat
karya seni rupa berdasarkan pengalaman dan/atau hasil pengamatan terhadap
lingkungan sekitar, dengan mempertimbangkan fungsi, menggunakan gaya atau
teknik yang telah dipelajari. |
4.5. |
Berdampak (Impacting) |
|
Menghasilkan
karya seni rupa untuk merespon
pengalaman sehari-hari dan mengekspresikan perasaan atau minat. |
Posting Komentar
0Komentar