Capaian Pembelajaran Seni Tari Sesuai Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 046/H/KR/2025 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah
Rasional
Seni merupakan respon, ekspresi, dan apresiasi manusia terhadap berbagai fenomena kehidupan, di dalam dan luar diri seseorang (budaya, sejarah, alam, lingkungan), yang diekspresikan melalui media (tari, musik, rupa, lakon/teater). Belajar dengan seni mengajak manusia untuk mengamati, mengalami, merasakan, mengekspresikan keindahan, berpikir serta bekerja artistik. Belajar tentang seni membentuk manusia menjadi kreatif, memiliki apresiasi estetis, menghargai kebhinekaan global, dan sejahtera secara psikologis. Belajar melalui seni berdampak pada kehidupan dengan pembelajaran yang berkesinambungan. Oleh karenanya, pembelajaran seni dapat dilakukan melalui pendekatan belajar dengan seni, belajar tentang seni, dan belajar melalui seni agar dapat memberikan pengalaman yang berkesan.
Pembelajaran seni tari merupakan aktivitas belajar yang menampilkan karya seni estetis, artistik, dan kreatif yang berakar pada etika, nilai, perilaku, dan produk seni budaya bangsa. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan murid memahami seni dalam konteks ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta berperan dalam perkembangan sejarah peradaban dan kebudayaan. Pada setiap fase, dari Fase A sampai Fase F dapat mengembangkan kesadaran seni dan keindahan dalam arti umum, baik dalam domain konsepsi, apresiasi, kreasi, penyajian, maupun tujuan-tujuan psikologis-edukatif yang tertuang dalam setiap elemen di capaian pembelajaran untuk pengembangan kepribadian murid secara positif. Pembelajaran seni tari di satuan pendidikan tidak dimaksudkan untuk menjadikan murid menjadi pelaku seni atau seniman, namun menitik beratkan pada sikap dan perilaku kreatif, etis, dan estetis. Kegiatan mengapresiasi merupakan langkah awal menumbuhkan kemampuan mengeksplorasi dan mengekspresikan diri menggunakan tubuh dan media lainnya sebagai alat komunikasi dengan memperhatikan unsur keindahan sesuai etika yang berlaku di masyarakat.
Seni tari juga memberikan kontribusi perkembangan keterampilan abad ke-21 terkait dengan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, inovatif, dan kolaboratif yang mencerminkan dimensi profil lulusan, yang meliputi: 1) keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME; 2) kewargaan; 3) penalaran kritis; 4) kreativitas; 5) kolaborasi; 6) kemandirian; 7) kesehatan; dan 8) komunikasi, dengan harapan murid dapat memahami, mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan dirinya sendiri sesuai dengan konteks budayanya.
Tujuan
Mata pelajaran Seni Tari bertujuan agar murid mampu:
1. meningkatkan multi kecerdasan, khususnya kinestetik sebagai ungkapan ekspresi, gagasan, perasaan, kreativitas, dan imajinasi estetis dan artistik, kehalusan budi dalam mengontrol dan mengatur tubuh dengan percaya diri;
2. mengolah tubuh mengembangkan fleksibilitas, keseimbangan, dan kesadaran diri yang mengasah kreativitas dan imajinasi yang diungkapkan melalui komunikasi gerak tari yang indah dan artistik;
3. meningkatkan kepekaan rasa dan nilai estetis, seni, dan budaya tari dalam konteks masa lalu, masa kini, dan masa mendatang;
4. memahami sejarah tari tradisi dari berbagai sumber dan aktivitas seni yang bermakna, pembentukan identitas bangsa, penghargaan dalam keragaman dan pelestarian budaya Indonesia;
5. mengembangkan tari tradisi Indonesia dan menyebarluaskannya sebagai usaha interaksi sosial dan komunikasi antarbudaya dalam konteks global; dan
6. mengembangkan diri dalam berpikir kritis, berkolaborasi, berinovasi, dan menguasai teknologi.
Karakteristik
Pembelajaran seni tari merupakan proses mengajarkan murid tentang gerak dan maknanya, agar dapat mengembangkan logika, etika, dan estetika sehingga memiliki keseimbangan otak kiri dan kanan yang dapat membentuk murid memiliki kreativitas, dan juga menumbuhkan sikap profesional, kooperatif, toleransi, serta kepemimpinan.
Pendekatan dalam pembelajaran seni tari harus memperhatikan elemen-elemen yang saling berkaitan yaitu mengamati, merefleksikan, berpikir dan bekerja artistik, menciptakan, dan berdampak. Elemen tersebut dapat memberikan pengalaman bagi dirinya dan orang lain. Elemen disusun pada setiap capaian pembelajaran merupakan sebuah proses dan siklus berkesinambungan, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut ini.
Gambar tersebut menunjukkan bahwa, elemen-elemen pada capaian pembelajaran merupakan sebuah siklus dalam proses pembelajaran, bukan sebagai tahapan sehingga tidak harus berurutan. Hal ini sangat tergantung karakteristik murid, apabila pengalaman belajar yang dimiliki cukup baik, maka sangat memungkinkan pembelajaran dimulai dari berpikir dan bertindak artistik. Selain itu murid dapat diajak untuk merefleksi dirinya terhadap pengalaman berkesenian yang pernah dipelajari atau dialami secara non formal atau autodidak. Dengan demikian siklus tersebut tidak selalu dimulai dari mengalami.
Elemen dan deskripsi elemen mata pelajaran Seni Tari adalah sebagai berikut.
Elemen |
Deksripsi |
Mengalami
(Experiencing) |
Proses
keterlibatan diri secara fisik, emosional, dan sensorik dalam gerak dan
ekspresi tubuh. Memahami seni pertunjukan tari dari berbagai sumber
pertunjukan langsung, koreografi, dan rekaman dalam aktivitas mengenal,
mengamati, menginterpretasi dan mengelaborasi berbagai pertunjukan tari dalam
konteks sejarah dan budaya. Mengembangkan kepercayaan diri melalui gerak
koordinasi tubuh, keseimbangan, dan kekuatan, serta keluwesan. |
Merefleksikan
(Reflecting) |
Proses
merenungkan pengalaman menari dan memahami makna dari setiap gerak yang
dilakukan sehingga mengembangkan kesadaran tentang proses kreatif, estetika
gerak, serta nilai budaya dan emosional dari tari. Hal ini dilakukan dengan
tahapan mengidentifikasi, mengelompokkan, membandingkan dan mengevaluasi
unsur utama tari, gerak di tempat, dan berpindah, level, perubahan arah,
desain lantai, unsur pendukung tari, makna, simbol dan nilai estetis tari
tradisi dan kreasi. Menilai kekuatan dan kelemahan untuk mendukung dan
mengembangkan kemampuan diri atau pribadinya. |
Berpikir
dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically) |
Proses
pengembangan ide, interpretasi gerak, eksplorasi konsep, serta pemecahan
masalah artistik. Dilakukan melalui tahapan meragakan, merancang, serta menunjukkan
ide tari, baik secara individual maupun kelompok yang diperoleh dari hasil
apresiasi. Mengembangkan ide dengan memperhatikan unsur utama dan unsur
pendukung tari seperti musik, properti, tata rias, tata busana, panggung, dan
juga merancang manajemen pertunjukannya. |
Menciptakan
(Creating) |
Menekankan
pada proses penciptaan karya tari, baik secara individu maupun kelompok. Ini
merupakan bentuk ekspresi diri, penciptaan estetika, dan penyusunan narasi
gerak yang autentik. Dilakukan melalui tahapan meniru, mengembangkan,
merangkai, membuat, menata dan mengomposisikan dengan menerapkan prinsip dan
prosedur penciptaan tari untuk memotivasi kreativitas dalam bentuk gerak tari
yang inovatif. Menunjukkan kreativitas dalam mengekspresikan diri melalui
gerak yang diciptakan berdasarkan gagasan sendiri atau kelompok. |
Berdampak
(Impacting) |
Proses
merespons dirinya dan lingkungan sekitar untuk menerima, menanggapi,
menghargai, dan mengaktualisasi diri dalam berkarya yang dikomunikasikan
dalam bentuk karya tari sehingga dapat memengaruhi diri sendiri dan orang lain
serta lingkungan sekitar. Memilah, memilih, menganalisa, dan menghasilkan
karya tari untuk mengembangkan kepribadian dalam membentuk karakter bagi diri
sendiri, sesama, lingkungan sekitar dan bangsa. |
Capaian Pembelajaran
Pada akhir Fase D, murid memiliki kemampuan sebagai berikut:
4.1. |
Mengalami (Experiencing) |
|
Mengamati
latar belakang, jenis, fungsi, dan nilai tari dalam konteks budaya. |
4.2. |
Merefleksikan (Reflecting) |
|
Mengelompokkan
jenis, fungsi, dan nilai tari berdasarkan latar belakang budaya serta
mengukur hasil pencapaian karya tari. |
4.3. |
Berpikir dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically) |
|
Merancang
konsep tari kreasi yang merefleksikan jenis, fungsi, dan nilai dari tari
tradisi dengan mempertimbangkan unsur utama dan pendukung tari. |
4.4. |
Menciptakan (Creating) |
|
Membuat
gerak tari kreasi berdasarkan jenis dan fungsi dari tari tradisi dengan
menerapkan desain lantai dan level. |
4.5. |
Berdampak (Impacting) |
|
Menghargai
dan mengajak orang lain untuk mencintai dan bangga terhadap tari tradisi
melalui proses kreatif yang dilakukan. |
Posting Komentar
0Komentar